SOSIALISASI MAHASISWA KEPADA YAYASAN KOMITMEN BERSAMA INDONESIA KUAT (YKBIK) DALAM RANGKA SANTUNAN JUMAT BERKAH

 

Foto bersama dengan anak-anak yatim dan piatu

Bekasi – Pada Hari Jum’at, 2 April 2021 telah terlaksana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia di Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat. Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu yayasan yatim piatu di Bekasi, tepatnya di Jalan Bintara Jaya Rt05/03, Bekasi Barat ini berjudul “Sosialisasi Mahasiswa Kepada Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat Dalam rangka santunan Juma’at Berkah” disambut baik oleh para peserta dan pengurus yayasan. Kegiatan ini dihadiri oleh 13 peserta yang merupakan anak asuh dari Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat.

Di masa pandemi Covid_19 ini kita harus menerapkan protokol kesehatan pemerintah yang ada misalnya menjaga jarak, memakai masker, seing mencuci tangan, mengurangi berkerumunan terlalu banyak. Maka dari itu pada kegiatan kali ini hanya kami hanya melibatkan 13 orang anak saja. Sebagai mahasiswa/orang yang lebih dewasa kita harus memberikan contoh dan pengetahuan terhadap anak anak yatim ini agar mereka dapat menjalankan protokol kesehatan tersebut agar bias terhindar dari wabah covid_19 ini.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 16.00WIB diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan. Pembukaan berlangsung sekitar 10 menit dengan dilanjutkan ke acara pembacaan kalam ilahi yang di pimpin oleh kami mahasiswa selaku panitia dalam acara tersebut. Pembacaan kalam ilahi tersebut berlansung sekitar 15 menit dan dilanjutkan dengan membacakan titipan do’a. Di situ kami membacakan titipan-titipan do’a dari para donatur yang menitipkan do’a nya pada acara tersebut dan dilanjutkan dengan istighosah bersama yang berlangsung kurang lebih  sekitar 30 menit yang di lakukan dengan khusyu mengharap ridho dari allah SWT.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan hiburan (games) berupa pertanyaan-pertanyaan seputar agama tapi dengan pertanyaan pertanyaan ringan yang bermaksud agar perserta tidak merasa bosan dan bersemangat dalam acara tersebut.misalnya pertanyaan seperti rukun islam, rukun iman, bacaan bacaan shalat dan lain-lain. Bukan hanya itu, kami juga membuat peraturan bahwa siapa yang bisa menjawab akan mendapat dorprize. Pada sesi ini, kami mengajukan beberapa pertanyaan ada yang malu- malu dalam menjawab dan ada juga yang langsung menjawab pertanyaan tersebut.  Peserta yang bisa menjawab pertanyaan, berhak mendapatkan dorprize. Total dorprize yang disediakan oleh panitia berjumlah 7 dorprize dan semuanya sudah diraih oleh peserta yang berani menjawab.

Kegiatan pun berakhir ditandai dengan penutupan. Setelah penutupan, panitia kegiatan memberikan santunan yang sudah di siapkan sebelumnya berupa amplop dan bingkisan-bingkisan. Setelah pembagian santunan selesai panitia kegiatan ber-swa foto dengan semua peserta yatim piatu binaan Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat.(Torik/Darpin/Irfan)

0 Komentar