Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah di Yayasan Yatim Dharma Kasih

 

Penyampaian materi kepada anak-anak yatim dan dhuafa

    Jakarta – pada tarikh, Sabtu 21 Desember 2019, telah terlaksana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh 2 Perwakilah Mahasiswa Program Study Manajemen Dakwah, Intitut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia (IAI AL-AZIZ) di Yayasan Yatim Dharma Kasih, Jakarta Timur. Kegiatan yang dilaksanakan disalah satu yayasan yatim yang berada di Jakarta, lebih tepatnya berada di kawasan cakung, Jakarta timur. Dalam kegiatan ini, Mahasiswa Program Study Manajemen Dakwah memilih judul “Mempersiapkan Generasi Berakhlak Mulia”  disambut dengan amat baik oleh pengurus yayasan yatim dan para pesertapun sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Islam adalah agama yang mengajarkan akhlak dalam segala sisi kehidupan, akhlak sangatlah penting bagi kehidupan manusia, sepintar apapun manusia jika tanpa akhlak ia tetap akan hina, begitupun sebaliknya, sebodoh apapun manusia namun memiliki akhlak yang baik maka ia akan menjadi mulia. Rasulallah pertama kali diutus dimuka bumi ini hanya untuk menyempurnakan akhlak manusia. Di zaman sekarang ini banyak dari kalangan remaja yang belum memahami bagaimana berakhlak yang baik, karna hal demikian maka kegiatan ini menjadi sangat penting bagi kalangan remaja, agar dapat menjadi generasi yang mempunyai akhlak yang mulia.

Foto bersama dengan anak-anak yatim dan dhuafa

Kegiatan ini dimulakan pada pukul 20:00 WIB. acara ini dihadiri oleh 20 peserta dari anak-anak yatim yang berada di yayasan dharma kasih, Jakarta timur. Dalam acara ini terdapat 3 sesi, pertama penyampaian materi, kedua penayangan video, ketiga Tanya jawab kepada peserta. Sesi pertama pemateri menyampaikan materi tentang akhlak luhur Rasulallah, seperti, Rendah hati (Tawadhu), Sabar, Berkata jujur, taawun dan menghormati tetangga. Penyampaian materi berjalan kurang lebih sekitar 40 menit, para peserta menjadi pendengar yang sangat baik dalam acara ini. Setelah penyampaian materi pemateri memberika tayangan video tentang akhlak rasulallah terhadap pengemis yahudi buta yang selalu mengejek Rasulullah.

Sesi terakhir yaitu Tanya jawab kepada peserta. Ada sekitar 4 peserta yang bertanya dalam kegiatan ini, masing-masing dari mereka bertanya tentang kemuliaan akhlak rasulallah. Apa yang membuat akhlak rasulallah menjadi sangat baik? Mengapa rasulallah tidak marah saat diejek oleh pengemis yahudi? dan pertanyan lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu. pertanyaan yang di tanyakan oleh peserta dijawab dengan baik oleh pemateri, walaupun masih belum sempurna dalam menjawabnya. Dengan adanya kegiatan ini para peserta sudah mulai faham dengan materi yang disampaikan oleh pemateri dan insyaAllah, anak-anak yatim yayasan dharma kasih sudah memahami, bagaimana menjadi generasi yang mempunyai akhlak yang mulia seperti Rasulallah Saw.

Kegiatan berakhir pada pukul 21:00 WIB, sebelum para peserta kembali dari tempat acara panitia mengadakan foto bersama dengan semua anak-anak yatim yayasan dharma kasih, Jakarta timur. (Zulfikar dan Sulthon)

0 Komentar