Berbagi Ilmu Al-Qur'an dan Pengalaman di Yayasan Generasi Peduli Indonesia Cabang Tangerang

Foto bersama dengan para peserta

Mahasiswa Manajemen Dakwah, Anisa Listiani adakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk berbagi ilmu al-Qur'an dan juga pengalaman di Yayasan Generasi Peduli Indonesia Cabang Tangerang, hari Minggu (21/3).

Bertempat di Kantor Yayasan Generasi Peduli Indonesia Cabang Tangerang tersebut, kegiatan ini dihelat dalam rangka mempersiapkan generasi yang memiliki pengetahuan yang komprehensif mengenai cara membaca al-Qur'an. 

Selain kepedulian yang dimiliki oleh Anisa Listiani dalam memberikan pengajaran mengenai tata cara membaca al-Qur'an yang baik, nyatanya kegiatan yang dilakukannya merupakan wujud pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.

Ia menegaskan, kegiatan berbagi ilmu tersebut dilakukannya dengan tujuan hanya semata-mata beribadah kepada Allah SWT. Tak hanya itu, Anisa menyatakan niatnya untuk mengajak generasi penerus agar senantiasa mencintai pedoman umat manusia, al-Qur'an.

Di acara yang dihadiri oleh 13 orang peserta tersebut, Anisa mengajarkan tata cara membaca al-Qur'an yang dimulai dari pengajaran makharijul huruf. Adapun yang diajarkannya adalah cara pelafalan huruf hijaiyah dan macam-macam harakat, seperti fathah, kasrah, dan dhammah. 

"Saya mulai ajarkan mereka mengenai makharijul huruf, terlebih mereka juga perlu mengenal apa itu harakat yang tentunya sangat penting mereka pahami, seperti fathah, kasrah, dan dhammah," ungkapnya.

Proses pengajaran makharijul huruf

Anisa mengaku senang dengan antusias yang diterimanya saat menggelar acara berbagi ilmu dan pengalaman tersebut. Ia menyatakan, para peserta sangat semangat dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah yang diajarkannya.

"Mereka sangat antusias, saya jadi ikut senang. Itu terlihat saat mereka begitu semangat saat mengucapkan huruf-huruf yang saya ajarkan," jelas Anisa dalam keterangannya saat dihubungi, Selasa (11/5).

Kemudian, Ia mengharapkan dengan adanya kegiatan semacam ini dapat memberikan wawasan yang bermanfaat terutama pembelajaran mengenai makharijul huruf, menurutnya aspek tersebut sangat penting agar peserta yang hadir dapat membaca al-Qur'an dengan tartil. 

"Saya harap dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat memberikan pemahaman yang baik mengenai makharijul huruf. Karena dengan kita memahami aspek ini, insha Allah kita dapat membaca al-Qur'an dengan baik dan benar," katanya kepada Tim Reportase Manajemen Dakwah.

Anisa juga mengucapkan banyak terima kasih kepada setiap pihak yang telah berkontribusi dengan baik sehingga acara yang diselenggarakannya dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. 




Reporter: Randy Akbar Maulana 

0 Komentar

Terbaru