Pembelajaran dan Santunan oleh Mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah IAI AL-AZIS

 

Santunan yatim dan dhuafa

Serang – Pada hari Kamis, 29 April 2021 telah terlaksana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia di Yayasan Kreasi Bangun Semesta cabang Serang. Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu yayasan yatim piatu di Serang, tepatnya di Perum Permata Balaraja ini berjudul “Pembelajaran dan Santunandisambut baik oleh para adik-adik di yayasan dan pengurus yayasan. Kegiatan ini dihadiri oleh 25 adik-adik yatim yang merupakan anak asuh dari Yayasan Kreasi Bangun Semesta cabang Serang.

Dalam kondisi pandemi covid – 19 ini, para pengurus Yayasan Kreasi Bangun Semesta membatasi perkumpulan demi kesehatan bersama namun tidak meninggalkan kewajiban mereka sebagai sebuah yayasan yatim untuk menyalurkan donasi kepada anak asuh nya. Kegiatan santunan serta pembelajaran yang senantiasa di inisiasi oleh yayasan demi menyeimbangkan kegiatan anak asuhnya, karena melirik kembali sekolah yang masih belum dibuka disebabkan oleh meningkatkan kasus covid-19. Keseimbangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan anak asuh yayasan menjadi tolak ukur utama.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 16.30 WIB diawali dengan pembukaan dan pembacaan kalam Illahi. Pembukaan berlangsung sekitar 20 menit dengan dilanjutkan pembacaan kalam Illahi. Setelah pembacaan kalam Illahi kami pun tidak lupa memanjatkan Istighosah dan Doa untuk kelancaran acara dan segala hajat kami. Dilanjutkan ke acara inti yaitu pembelajaran harian anak asuh.

Sesi pembelajaran saat itu berisi tentang pelajaran pada umum nya yang mereka dapatkan disekolah secara formal dan ditambah dengan pelajaran keagamaan dengan menghafal serta membenahi bacaan Iqra dan Al – Qur’an. Pada proses pembelajaran ini, semua anak asuh bersemangat untuk menyetorkan ayat – ayat suci Al – Qur’an dengan dibimbing oleh mahasiswa dan mahasiswi dari beberapa universitas.

Islam mengajarkan agar sesama manusia untuk saling menjalin kasih sayang dan mencintai sebuah hadist mengatakan “Sebaik – baiknya rumah kaum muslimin ialah rumah yang terdapat didalam nya anak yatim yang diperlakukan (diasuh) dengan baik, dan seburuk – buruknya rumah kaum muslimin ialah rumah yang didalam nya terdapat anak yatim namun ia diperlakukan dengan buruk”. 

Ajaran yang sedemikian mulia dan penuh dengan sebongkah pahala yang akan didapatkan umat muslim yang memelihara anak yatim dengan baik terkadang terlalaikan oleh manusia itu sendiri. Mereka telah mengucapkan kalimat syahadat namun mereka lupa bahwa menjalankan ibadah tidak senantiasa wajib saja, namun ada ibadah dimana Allah SWT. Juga menginginkan hamba Nya saling berinteraksi dan tolong menolong antar sesama dengan menebar cinta dan kasih sayang.

 Kegiatan pun berakhir pada pukul 19.00 WIB ditandai dengan penutupan dan buka bersama. Setelah penutupan, para panitia melakukan ber-swa foto dengan semua adik-adik yatim serta pembagian bantuan sosial dari para donatur dan dari yayasan. Berikut kegiatan dari Pembelajaran dan Santunan di Yayasan Kreasi Bangun Semesta cabang Serang pada Kamis, 29 April 2021. (Zahra Asyidda Najibullah/Fitria Madania/Sahrulloh)


 

0 Komentar