Kegiatan Mengajar Taman Pendidikan Al-Qur'an di TPA Yayasan Sahabat Ihsan Al-Husna

 

Pemberian materi kepada para peserta

Bekasi – Pada Hari Kamis, 19 Desember 2019 telah terlaksana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia di Yayasan Sahabat Insan Al-Husna. Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu yayasan yatim piatu di Bekasi, tepatnya di Dusun Mustika Jaya ini berjudul “Kegiatan Mengajar Taman Pendidikan Al Quran bagi Pelajar Tingkat Taman Kanak-Kanak dan Madrasah Ibtidaiyah di TPA Yayasan Sahabat Insan Al-Husna” disambut baik oleh para peserta dan pengurus yayasan. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta yang merupakan anak asuh dari Yayasan Sahabat Insan Al-Husna.

Kegiatan ini tidaklah semata-mata dilakukan tanpa alasan dan tujuan. Adapun tujuan dari kegiatan yaitu memberikan kontribusi/membantu meningkatkan berbagai kebutuhan masyarakat serta memecahkan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat agar kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat yang pada akhirnya masyarakat dapat hidup mandiri sejahtera dan baik

Kegiatan dimulai sekitar pukul 15.00 WIB diawali dengan shalat Ashar Berjama’ah. Selesai sholat Ashar Berjama’ah dilanjut pembukaan dan sambutan-sambutan. Pembukaan berlangsung sekitar 10 menit dengan dilanjutkan ke acara inti yakni mengajar. Terdapat 2 materi ajar yaitu, materi ajar mengaji dan cara meggunakan alat qasidah rebana. Pertama panitia membagi 2 kelompok sesuai kriteria untuk diajari mengaji, yaitu kelompok Iqro dan kelompok Al-Quran. Setelah membagi kelompok dilanjutkan ke kegiatan inti yaitu mengajari anak-anak cara membaca yang baik dan benar mulai dari makhrajul huruf dan tajwid. Kegitan pertama ini berlangsung 1 jam.

Kegiatan kedua yaitu mengajari anak-anak cara menggunakan alat Qasidah Rebana dengan baik dan benar. Disini sistemnya peserta atau anak-anak duduk dengan melingkar dan masing-masing memegang alat qasidah rebana, kemudian di arahkan oleh panitia yang berada ditengah. Dimulai dari cara dasar memukul rebana yang benar sampai ke teknik perpaduan antar alat qasidah rebana. Kegiatan kedua berlangsung selama lebih kurang 30 menit.

Kegiatan pertama dan kedua telah selesai dilakukan, selanjutnya adalah kegiatan akhir yaitu penutupan. Penutupan dilakukan dengan membaca do’a bersama yang dipimpin oleh ketua panitia. Setelah penutupan, panitia ber-swa foto dengan semua peserta dan pengurus yayasan. (Mahasiswa MD Angkatan 2018)


0 Komentar