Melakukan Penyuluhan Covid-19 dan Vaksin kepada Masyarakat melalui Siaran RRI Jakarta

 

Persiapan sebelum melakukan penyiaran

Jakarta, Jum’at, 22 januari 2021 telah terlaksana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia di kantor Radio RRI Jakarta. Kegiatan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa Manajemen Dakwah  ini berjudul “Melakukan Penyuluhan Tentang Covid-19 Kepada Masyarakat Melalui Siaran Radio RRI Jakarta”. Kegiatan ini di hadiri oleh mahasiswa Peserta PKM dan satu orang bagian tekhnik.

Seiring merebaknya virus covid-19, radio rri Jakarta yakni melalui iklan layanan masyarakat terus memberikan imbauan atau ajakan kepada masyarakat agar selalu mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Agar supaya masyarakat terlindungi dari serangan virus yang berbahaya ini, isi dari pada ajakan iklan layanan masyarakat ini yaitu masyarakat bisa memahami pentingnya menjaga imun tubuh supaya kebal terhadap serangan virus dan juga masyarakat juga bisa memehami pentingnya di vaksin. Karena emang sebagian masyarakat takut sekali di vaksin karena banyak informasi-informasi ketika seseorang sudah di vaksin malah menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Sehingga masyarakat pada ketakutan. Oleh karenanya bagian iklan layanan masyarakat memeberikan pemahaman atau penjelasan melelui siaran rekaman penyuluhan tentang covid-19 dan vaksin. Yang harapannya masyarakat tidak usah khawatir atau takut terhadap virus covid-19 dan di haruskan selalu bahagia supaya imunnya tetap kuat dan tidak ngedrop.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB diawali dengan  membuat materi penyuluhan tentang covid-19 dan vaksin yang dilakukan oleh mahasiswa peserta PkM. Setelah itu ketika sudah selesai kami masuk ke studio rekaman untuk membuat rekaman yang dipandu oleh ustadz Al Ramdani beliau yang membimbing teknik tentang rekaman agar supaya rekaman itu lebih bagus hasilnya. Beliau sangat berpengalaman perihal tekhnik rekaman. Ketika sudah hasil rekamannya bagus, kemudian hasil rekaman tersebut di editing oleh ustadz Al ramdhani dan siap di siarkan melalui iklan layanan masyarakat via siaran radio RRI Jakarta. Banyak pesan pesan di dalam rekaman tersebut yang intinya adalah mengajak kepada masyarakat untuk tetap waspada dan lebih hati-hati ketika bepergian keluar rumah.

Kegiatan pun berakhir pada jam 12:00, dan hasil rekaman akan di siarkan di radio RRI Jakarta sambil menunggu DAS (Daftar Acara Siaran). Dan setelah itu di lanjutkan untuk membuat iklan layanan masyarakat selanjutnya di kalender even disetiap bulannya. (Nanu, Latifah, Alfian, Thoriq dan Qomariah)

0 Komentar