Sosialisasi Protokol Kesehatan dan Pemberian Paket Kesehatan oleh Pegawai Kementerian Agama Republik Indonesia

 

Sosialisai protokol kesehatan

Jakarta, Kamis, 26 Februari 2021 telah terlaksana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia di Bandara Soekarno Hatta. Kegiatan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa Manajemen Dakwah  ini berjudul “Sosialisasi Protokol Kesehatan dimasa pandemic Covid-19 Kepada  Jamah Umrah di Bandara Soekarno Hatta dan Pemberian Paket pencegah Kesehatan Pencegah Virus Corona”. Kegiatan ini dihadiri oleh 9 peserta yang terdiri dari 3 jamaah umrah dan 6 pegawai Kementerian Agama Republik Indonesia dari bagian Subdit pelayanan haji luar negeri.

Di masa pandemic Covid-19 ini, setiap kegiatan dalam bidang apapun sangat terpengaruh dan dibatasi pelaksanaannya, begitupun kegiatan umrah. Bahkan saat ini kegiatan tersebut sementara waktu ditunda dulu pelaksanaanya. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia tidak banyak yang dilakukan selain fokus dalam program melindungi seluruh pegawai serta jamaah haji dan umrah sebagai kliennya untuk senantiasa menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.40 WIB diawali dengan apel pagi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IAI AL-AZIS di lokasi kegiatan PKM yaitu Bandara Soekarno Hatta, dilanjutkan dengan brifing dengan kelompok tim mahasiswa yang beranggotakan 5 orang, membahas teknis pemberian paket kesehatan pencegah virus corona kepada jemaah umrah. dan sosialisasi protokol kesehatan kepada jemaah umrah. Selajutnya adalah penyambutan kedatangan para jemaah umrah yang baru saja sampai dari penerbangan luar negeri sekitar pukul 09:30 menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Terlihat beberapa orang saja jemaah haji yang keluar dari pesawat, tidak banyak hanya 3 orang saja. Mengingat kepulangan jemaah umrah ini adalah kepulangan jemaah yang tertunda karena mereka yang telah mengalami karantina di Arab Saudi dengan kondisi yang sudah pulih dari terpaparnya virus corona. Mereka sangat bahagia dan senang akhirnya bisa menginjakan kakinya kembali di tanah pertiwi ini.

 Dalam kegiatan PKM ini pula kami memberikan bingkisan paket kesehatan pencegah virus corona yang berisikan masker, handsanitizer, face shield dan Vitamin C,D,E dan Zing kepada jemaah umrah. Berharap paket ini bisa digunakan oleh jemaah umrah dalam menjaga dan mencegah penularan virus corona yang sedang merajalela.

Kegiatan pun berakhir pada jam 11:25 ditandai dengan penutupan dan saling memberi pesan antar kami dan jemaah umrah. Dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan jemaah umrah dan pegawai Kementerian Agama Republik Indonesia. Tak sampai disitu, selanjutnya para mahasiswaa makan siang bersama di salah satu restoran di bandara Soekarno Hatta dengan menu nasi goreng cumi sambal ijo. (Rohim/Aqlia/Mujiono/Imam Setiawan/Wakhrudin).

 


0 Komentar